Profil Madrasah Diniah Taklimiya Riyadlatul ‘Ulum

I. Pendahuluan

Madrasah Diniyah Takmiliyah Riyadlatul ‘Ulum merupakan MADIN yang dibawah naungan kementrian agama, yang telah beroperasi dari tahun 1983 hingga sekarang 2015 yang keberdaanya dibawah Yayasan Riyadlatul Ulum.

Keberadaan Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut berperan aktif dalam membangun bangsa melalui pendidikan agama (Tafaquh Fiddin), Pengembangan masyarakat dan lembaga yang mampu menjadi benteng akhlakul karimah dan moral bangsa dari budaya luar yang tidak baik.

Dalam perjalanan waktu kewaktu kemudian Madrasah Diniyah Takmiliyah tidak saja berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi peranya menjadi meluas yang ikut mendasari dalam mendorong transformasi sosial dan bangsa keseleuruh lapisan masyarakat.

Diharapkan dari berbagai peningkatan, baik dari bidang Fisik maupun non fisik dengan sarana dan prasarana yang representif dan ditunjang dengan pengembangan sumber Daya Manusia yang bermutu dan berkwalitas.

Tujuan Madrasah Diniyah Takmiliyah Riyadlatul ‘Ulum yaitu pendidikan agama, pengembangan masyarakat dan benteng akhlaqul karimah dan moral bangsa dari budaya luar yang merusak masyarakat. Dengan demikian Madrasah Diniyah Takmiliyah Riyadlatul ‘Ulum akan semakin maju dan berkembang menghadapi era globalisasi.

II.Visi Dan Misi Madin

A. Visi

Membina santri agar berkepribadian muslim, berahklakul karimah

B. Misi

  1. Mendidik santri agar menjadi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, berakhlak mulia, memiliki kecerdasan, kemandirian, keterampilan dan sehat lahir dan batin sebagai warga negara yang berpancasila.
  2. Mendidik santri untuk menjadi manusia muslim selaku kader-kader Ulama dan mubaligh yang berjiwa ikhlas, tabah, tangguh dalam mengamalkan ajaran Islam secara utuh dan dinamis.
  3. Mendidik santri untuk memperoleh kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya dan bertanggung jawb kepada pembangunan bangsa dan negara.
  4. Mendidik tenaga-tenaga penyuluh pembangunan mikro (Keluarga) dan regional (Pedesaan/masyarakat lingkungan).
  5. Mendidik santri agar menjadi tenaga-tenaga yang cakap dalam berbagai sektor pembangunan mental spiritual.
  6. Mendidik santri agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat lingkungan dalam rangka usaha pembangunan masyarakat bangsa.

III.Program Pendidikan

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah Riyadlatul ‘Ulum memiliki beberapa program pendidikan yang berjenjang dan bersifat non formal yaitu meliputi :

  1. Ulumul Lughah al Arabiyah (Nahwu & Shorof)
  2. Ulumul Hadist
  3. Akidah Akhlaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *