Organisasi Santri Riyadlatul ‘Ulum

1. OSIP

Organisasi Santri Intra Pesantren atau disingkat dengan OSIP adalah organisasi induk dari berbagai elemen atau ekstrakurikuler yang ada dipondok pesantren Riyadlatul Ulum. Organisasi ini memiliki peran besar dalam mengkader, membentuk, mengorganisir segala kegiatan yang berhubungan dengan skill para santri demi mencapai dan menghantarkan kepada visi misi Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yang tak lain menjadi pokok tujuan utama generasi unggulan yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah dan berguna bagi masyarakat, agama, nusa dan bangsa.

Kegiatan OSIP ini meliputi kegiatan bulanan dan tahunan. Kegiatan bulanan yakni mengadakan penampilan karya-karya dari seluruh organisasi ekstrakurikuler yang diselenggarakan tiga bulan sekali, nama dari kegiatan ini yaitu agenda Triwulan. Agenda ini pertama kali digagas oleh Ustadz Subagio, S.Pd selaku pembina OSIP pada tahun 2016.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengupgrade kreatifitas santri dimasing-masing bidang ekstrakurikuler, agar masing-masing bidang ekstrakurikuler selalu meiliki eksistensi dan menghindari ke-vaccum-an. Karena melihat umumnya santri dengan padatnya schedule seperti mengaji, sekolah, kuliah, yang terkadang tidak konsisten dalam melakukan kegiatan yang telah mereka ikuti dimasing-masing bidang ekstrakurikuler.

Harapannya para santri dapat memenejemen waktu dalam menjalankan aktifitasnya walaupun kegiatannya begitu padat. Kemudian kegiatan tahunan yang petama yaitu gebyar muharrom yang diadakan setiap datangnya bulan muharrom, yang mana kegiatan ini diikuti oleh seluruh delegasi asrama untuk bersaing dalam beragam musabaqoh seperti pidato bahasa (indonesia, arab, inggris, jawa), drama, LCT, puisi islami.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat, mempelajari, mengambil hikmah dari banyaknya peristiwa dibulan muharrom dan dituangkan dalam tema perlombaan tersebut. Yang kedua adalah kegiatan OSB (Orientasi Santri Baru), diselenggarakan pasca penerimaan santri baru atau tahun ajaran baru. Seluruh santri wajib mengikuti OSB, karena merupakan salah satu syarat khataman alfiyyah ibnu malik.

Kegiatan ini biasanya diadakan 3 hari, yang disi oleh narasumber dari asatidz dan ketua yayasan dalam memperkenalkan sejarah berdirinya pondok pesantren Riyadlatul Ulum, budaya pesantren, tata tertib pesantren, aswaja, IPNU & IPPNU, lingkungan dan kesehatan dan berakhir dengan outound guna untuk mengenal lingkungan masyarakat sekitar pondok pesantren.

Selanjutnya kegiatan tahunan Gebyar Anak Sholeh (GAS), kegiatan ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dan Diikuti oleh seluruh TPA/TPQ se-Lampung. Terdiri dari cabang lomba pidacil bahasa arab dan indonesia, sholat group, puisi islami, LCT, tahfidz juz ‘amma, dan tartil.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat anak-anak TPA/TPQ dalam belajar ilmu agama serta merekomendasikan pondok pesantren Riyadlatul Ulum kepada seluruh TPA/TPQ yang mejadi partisipan perlombaan. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT PPRU serta imtihan, haflah akhirusannah khataman alfiyyah ibnu malik.

2. FITHARU

(فرقة الطلبة حب العربية رياضة العلوم) atau disingkat dengan sebutan FITHARU, yaitu Fraksi Para Santri Pecinta Bahasa Arab Riyadlatul Ulum, merupakan organisasi dibawah naungan OSIP. Organisasi ini diikuti oleh para santri yang mempunyai minat, bakat, atau asa untuk mengembangkan, meningkatkan, kemampuan berbahasa Arab sesuai dengan 4 keterampilan (maharoh) bahasa arab meliputi Maharoh Kalam (keterampilan berbicara), Maharoh Qiroah (keterampilan membaca), Maharoh Kitabah (keterampilan menulis), Maharoh Istima’ (keteramnpilan mendengarkan). Kegiatan FITHARU di Output daripada kegiatan belajar organisasi ini adalah siap menjadi delegasi PPRU dalam beberapa cabang perlombaan seperti Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), Pidato atau sejenisnya yang berhubungan dengan bahasa Arab.

3. PRAMUKA SANTRI

Pramuka Santri merupakan organisasi dibawah naungan OSIP, seperti umumnya Pramuka yang ada di Gugus Depan setiap lembaga, institusi, di Indonesia. Pramuka santri merupakan wadah bagi para santri untuk menyalurkan minat dan bakat dalam mengembangkan jiwa kepanduan.

4. PASPOR

Pasukan Santri Pecinta Olahraga atau disingkat dengan sebutan PASPOR merupakan organisasi dibawah naungan OSIP yang bergerak dibidang olahraga. Seperti futsal, sepak bola, voli, bulu tangkis dan tenis meja.

5. INSANI

Ikatan Santri Pecinta Seni atau disingkat dengan sebutan INSANI merupakan organisasi dibawah naungan OSIP yang bergerak dibidang kesenian seperti theater/drama, musikalisasi puisi, seni musik dan seni hadroh.

6. RU-EC (Riyadlatul ‘Ulum English Club)

Berangkat dari semangat untuk menciptakan suasana bilingual dormitory.m untuk menyiapkan d generasi yg cakap dan mampu bersaing d dunia klobal. Tepat 6-9-2012 ru-ec berdiri. Diprakarsai oleh ust. Abdul Basit selaku sekretaris PPRU saat itu, dan ust. Budi Setiawan selaku lurah PPRU.

Didukung oleh para ustadz dan ustadzah yang kala itu mengambil jurusan kuliah pendidikan bahasa Inggris seperti ustadz. Zulfi Andre Astuti yg merupakan salah satu santri berprestasi kala itu.. karena mampu menembus putaran nasional dalam acara MQK musabaqoh qiroatul kutub. Kemudian ustdzh. Umum umin danah, ustdzh. Nailil Azizah dan beberapa ustdz-ustdzh lainya..

Awal d bentuk.. RU-EC hanya beranggotakan mahasiswa yg mengambil jurusan kuliah pendidikan bahasa Inggris dengan beberapa tambahan anggota dari bangku SMA.
Diketuai oleh. Muhlisin Ali, sekretaris Lisa Hidayati dan bendahara mujirah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *